Kamis, Desember 20, 2007

creativetrees.com yang kurang kreatif

Ramai ramai industri kreatif. Dari mulai menteri, pendidik, mahasiswa kepala daerah sibuk membicarakan industri kreatif. Menarik, gerakan yang positif, siapa yang tidak tertarik dengan ekonomi kreatif. Semoga tidak menjadi gerakan seperti ternak jangkrik, ternak cacing yang sempat ramai beberapa waktu lalu. Yang heboh dengan keuntungan yang dijanjikan, tetapi perlahan lahan menghilang. Kata om Roy mah gelaja sesaat cenah.

Industri kreatif musti digiatkan dengan cara yang kreatif juga. Yang menarik beberapa saat lalu saya temukan tautan dari sebuah situs berita tentang sebuah situs creativetrees.com, Dari namanya saja saya tebak ini sebuah situs yang menarik seperti sebuah pohon yang dihuni banyak kera, kera yang kera-tif. Tertarik untuk bergabung dang langsung subsribe.

Wah ternyata asumsi saya salah besar. Saya langsung teringat pada sekolah beternak cacing dan jangkrik dulu. Kenapa? anda bisa membacanya syarat syarat untuk bergabung dengan creativetrees.com ini disini. Ada tiga tipe member yang ditawarkan. Student, Profesional, dan Corporate. Untuk student keanggotaanya Rp 600.000 setahun, Profesional Rp 1.200.000,00 dan Corporate 2.400.000,00 setahun.

Mahalkah?
Relatif, Kalau anda desainer mapan uang segini tidak ada artinya, tapi kalau anda mahasiswa desain saya akan memilih yang gratis. Dengan uang sebesar 600.000 saya lebih memilih untuk memantain domain sendiri dengan hosting gratisan ataupun bayar. Hal ini yang mengingatkan saya pada sekolah beternak jangkrik, saat ada heboh heboh ramai ramai industri kreatif semua orang ingin ikut menyemarakan (baca:mencari keuntungan) dengan cara yang kurang kreatif (baca:tidak kreatif).

Tidak gratis:
Situs yang dimiliki
PT. Oktagon Citra Mandiri dengan admin Wirjadi Lorens ini sepertinya akan tertinggal dari beberapa hal. Orang sangat tertarik dengan kata gratis. Wirjadi Lorens ini lupa sepertinya dengan hal ini.

Untuk siapa/Target pasar?
Situs ini untuk siapa? Dunia profesional ? user? Ataukah jembatan antara Pemakai industri kreatif dengan pelaku industri kreatif seperti klaim mereka "A bridge between creative people and talent seeker, a portfolio showcase, a medium for creativity to present your work to the internet audience?" Dari biaya gabung yang cukup mahal untuk mahasiswa kreatif, saya vonis situs ini bukan untuk kalangan kreatif yang belum mapan. Bagus atau jelek? Saya harus vonis lagi ini buruk, justru situs semacam ini harus membuka sayap selebar lebarnya untuk menampung berbagai maca portfolio dari para pelaku industri kreatif, tua muda, mampu bayar atau tidak. Selagi ada akses internet.

Keberlangsungan.
Bahasa kerennya mah sustainability. Kenapa banyak orang memakai gmail atau yahoo mail termasuk di kartu namanya, atau bahkan urusan pekerjaan. Bukan karena gaya (lebih gaya kalau dengan domain sendiri). Tapi karena situs situs raksasa ini gratis dan sustainable. Situs ini butuh biaya operasional tentunya, darimana mereka mencari biaya operasionalnya? tentunya bukan dari user. Google mail tidak akan sebesar sekarang jika tidak gratis. Tapi dari iklan dan berbagai skema iklannya yang menarik banyak orang seperti Google Ads.

Sekedar pembanding:
Saat dimana informasi menyebar begitu cepatnya, bukan saatnya lagi untuk berkata. Waaah jangan dibandingkan dengan mereka dong kami kan pemula. Jangan takut untuk membandingkan karya kita dengan orang lain. Saya coba bandingkan creativetrees.com ini dengan coroflot.com .Di coroflot com, semua bisa bergabung tanpa ada pembedaan kelas (gratis) ini yang menyebabkan orang yang bergabung terus bertambah, unlimited portfolio update, badge untuk di personal website, fasilitas forum/pool untuk orang dengan minat tertentu. Selain coroflot masih ada indocg.com untuk para penggemar 3d dan digital art dalam negeri, fotografer.net untuk para penggemar fotografi dalam negeri, deviantart.com untuk berbagai karya kreatif di berbagai bidang, yang menyediakan opsi untuk bergabung dan mempublikasikan karya kreatif anda di dunia maya, sekaligus mendapat masukan.

Kelebihannya apa?
Apakah ada kelebihannya?di situs creativetrees.com sebagian besar pemasang lowongan kerja untuk berbagai bidang industri kreatif ini berada di Indonesia. Agak rancu juga, kenapa tidak sekalian berbahasa Indonesia.

Industri kreatif selayaknya digiatkan dengan cara yang kreatif pula. Jika tidak merubah strateginya segera creativetrees.com ini akan semakin tertinggal dari situs sejenis lainnya.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Hii ...just share aja ...nambahin aja yah :)

- www.carbonmade.com
- www.creativendor.com
- www.figdig.com

hehe ....gratis semua tuh ...kalo creativendor dia malah bisa di tag di bbrp situs social bookmarking kaya digg.com, del.icou.us, magnol.ia , furl, stumble upon dll ...kalo Carbonmade ..wah keren banget ..cuman gratis sampe 5 bundle portfolio :) , FigDig ...hehe baguss ...cuman ribet banget submit portfolio nya ...heheh ok deh ...thx

Untung K. mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Untung K. mengatakan...

Thanks to you.
www.creativendor.com bagus. Say dah sign-up dan ternyata ini social networking seperti friendster. Member yg sign-up as company malah bisa pasang banner mereka sendiri.

priyatnadp mengatakan...

wah terimakasih tambahannya, nanti saya coba satu satu

Anonim mengatakan...

CreatiVendor


yooo guys ..check this out :)
Effective and efficient way to use CreatiVendor.com :)

febri mengatakan...

Jual cacing tanah (rubellus lumbricus) harga Rp 25.000/kg kapasitas 100 kg/minggu, melayani eceran dan partai
Jual jangkrik harga Rp 45.000/kg kapasitas100 kg/minggu, melayani eceran dan partai

Pemilik : Sudjatmiko
Phone : 081586297454
E-mail : jatindra_farm@yahoo.com
Lokasi Farm : Jl. Merdeka no.18, LK.10, RT.03, RW.02, Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur
website: http://jatindra.awardspace.com

priyatnadp mengatakan...

waduh mas febri ini..orang cerita apa komentar apa..iin baru kreatif nih...tempel spanduk pintu rumah hihihih