Sabtu, Februari 15, 2014

Ustadz dan buah mangga busuk

Posting terakhir di blog ini bertahun 2010, wah lama juga ya. Jamannya letusan Merapi 2010, lalu kemarin di tahun 2014 ini ini giliran gunung Kelud meletus. Yang menarik berita berbagai musibah ini bisa kalah heboh dengan berita nggak penting tapi menarik minat banyak orang.

Saya tidak akan bercerita tentang gunung Kelud, biar ahlinya yang membahas. Blog ini akan diisi kalau ada sedikit rasa gatal di kepala, bukana karena ketombe tapi pikiran gatal yang kalau tidak dikeluarkan melalui ketikan jadi gatal. Empat tahun tidak di update lalu akan bercerita soal ustadz, ustadz? guru? Terlalu pendek untuk diceritakan dalam status facebook.

Ya, ustadz. Kata Pakde Rofi yang semasa mudanya sempat berguru ke Mesir, ustadz itu panggilan yang mulia. Pakde ini akan risih kalau dipanggil ustadz, guru ngaji itu lebih enak, ringan. Beberapa waktu lalu beredar video 'ustadz' ngamuk menolak ditilang, ada juga 'ustadz' ngamuk karena sound system kurang keras,  ustadz menampar murid ramai, ustadz jadi tersangka ramai lagi. Bener juga kata Pakde nama 'ustadz' itu mengandung tanggung jawab moril.

Yang menarik lagi, di era sosial media ramai juga orang berbagi tautan ustadz ustadz unik ini. Ada banyak sekali video ustadz ustadz di Youtube, tapi kenapa yang ramai dibagikan yang ngamuk ya? yang tausiyahnya bagus viewernya sedikit.

Ada yang salah nggak dengan ini?
Seolah kita berharap dan bertepuk tangan + joget jeruk kalau perlu ketika ustadz salah.
Ada yang salah dengan ini?
Jangan jangan sudah ada bibit benci ustadz di hati kita. Ustadz di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata out of macro focus. Ustadz tidak boleh salah sementara kita bermaksiat, berteriak memaki seenaknya.

Jadi daripada berbagi tautan ustadz berjoget jeruk ini (yang alhamdulillah belum ada) , lebih baik saya berbagi chanel video youtube ustadz langganan saya yang ketika dipanggil kapanpun selalu siap, syaratnya satu ada koneksi internet. Jadi walaupun anda tinggal di Denpasar yang masjidnya sedikit, atau sebuah kota di timur tengah yang masjidnya banyak tapi bahasanya belum bisa dimengerti. Kehadiran ustadz Youtube ini membantu sangat proses belajar yang tidak boleh berhenti. Semoga ustadz-ustadz ini selalu diberkahi waktunya, selalu sibuk dengan aktfitas yang bermanfaat. Beberapa sudah sering tampil di tv beberapa mungkin belum pernah lihat. Ustadz yang main sinetron tidak saya masukan disini, ustad yang sudah sering tampil di tv juga tidak saya masukan disini, kan sudah pada kenal kalo yang sering tampil.


Ustadz Dr. Khalid Basalamah MA, 
Ustad muda asal Makassar alumnus universtias Madinah yang sekarang tinggal di Jakarta. Videonya di youtube lebih dari 120 video. Kajian hadist, fiqih, sirah. Warna vokal ustadz ini menarik serak serak berat wawasannnya luas, walaupun layout dan grafisnya belum maksimal, 120 video dari 'official channel' nya belum sempat saya tonton semua rata rata berdurasi satu jam videonya bisa ditonton disini. Jangan terlalu berharap ustadz ini akan menghibur dengan guyonan lucu, nada bicaranya tegas, lugas, referensinya jelas. Situs pribadi ustadz Khalid bisa diakses disini

Ustadz Dr. Mustafha Umar LC.MA,
Santri Gontor asal Riau alumnus Al Azhar, ceramahnya bisa disaksikan di chanel Youtube Tafaqquh . Nada bicaranya tinggi rendah naik turun ,Audiensnya sangat lebar dari bapak bapak di Pemerintahan, Polisi dan Militer, hingga ibu ibu pengajian. Range audiens yang beragam tidak mengurangi ketegasan pesan yang disampaikan. Kajian rutinnya di Riau, terkadang diiukti juga oleh murid muridnya dari Malaysia. Situs pribadi ustadz Mustafha  bisa diakses disini


Ustadz Abdul Somad LC MA. 
Alumnus Al Azhar masih dari Pekanbaru Riau juga, Suaranya Ganteng, membawakan ceramahnya dengan rileks, dan kadang berisi guyonan yang menghibur yang tidak mengurangi bobot tausiyahnya, cocok dengan pendengar yang berlatar madzhab syafii. Ceramahanya bisa ditonton chanel tafaqquh






Ustadz Abdullah Yasin
Ustadz asal Riau juga yang banyak mengisi tausiah di negeri Jiran Malaysia. Banyak mengisi kajian tafsir. Gaya bicaranya seperti 'atuk' kakek dari Melayu, hangat dan lembut. Beliau akan membaca arti dari ayat yang dibaca dengan nada seperti pantun melayu yang unik. Videonya tersebar diupload oleh peserta kuliah kuliahnya. Semoga ilmu 'atuk' UAY melalui videonya menjadi amal yang tiada putusnya. Videonya bisa disaksikan disini




Ustadz Felix Siauw.
Susunan kalimatnya rapi, keluar dengan runtut mengingatkan saya dengan pukulan Wing Chun yang bertubi tubi. Ustadz muda lulusan IPB ini bisa membawakan kajian islam dalam tataran Ideologi dengan logis dan ringan. Ustadz yang sering tampil botak dengan batik ini juga rajin bersilat ciat mencuit di twitter menulis buku dan mengisi berbagai kajian. Ceramah youtube nya banyak diunggah oleh para peserta ceramahnya, bisa di tonton disini.

Ustadz Bachtiar Nasir
Ustadz alumnus universitas Madinah yang satu ini cukup sering main ke Bali. Bukan untuk piknik dan liburan. Tapi berkeliling dari satu masjid ke masjid lainnya. Ceramah ustad penggagas MIUMI yang sangat sadar pentingnya dokumentasi ceramah  ini di youtube banyak diunggah oleh lembaga yang diasuhnya AQL, bisa ditonton disini. Ceramah jum'at yang singkat menjadi sangat menarik dibawakan oleh ustadz Bachtiar Natsir.


Daripada berbagi video ustad ngamuk, masih banyak video ustad yang bermanfaat. Ada manga manis dan mangga busuk di meja samping saya sekarang. Mangga mana yang akan dibagikan untuk sahabat? tetangga? mangga busuk? untuk sekedar berbagi 'ih lucu ya ini mangga busuk'. Akan selalu ada mangga busuk, tapi rasanya ada yang salah ketika kita bergermbira berbagi mangga busuk. Atau jangan jangan hanya mangga busuk yang kita punya?






Selasa, Agustus 17, 2010

Tugas Istimewa


Hari ini suzuki tua begitu gembira, tidak rewel saat dipanaskan dini hari ini

Sedari kemarin di sepanjang kampung suzuki tua disambut kibaran bendera. Yang atas berwarna merah, yang artinya berhenti. Yang bawah berwarna putih seperti langit berawan. Harap maklum suzuki tua hanya tau merah kuning hijau warna lampu lalu lintas.

Biasanya suzuki tua mengangkut si gembrot, babi pejantan keluar masuk kampung dan banjar. Hari ini suzuki tua mendapat tugas istimewa mengangkut bapak dan ibu berseragam, entah seragam apa dia tidak tahu benar. Yang jelas tampak wajah gembira diantara penumpangnya. Suzuki tua akan mengantar mereka ke sebuah lapangan dimana terdapat lebih banyak lagi orang berseragam yang sama.

Sejak muda suzuki tua selalu mendapat tugas mulia ini setiap tahunninya. Tahun ini
suzuki tua sedikit miring ke kiri, Ya memang ada ruang kosong di bak sebelah kiri, sebagian dari bapak dan ibu ini sudah tidak ikut lagi rombongan ini tahun ini.

Biasanya mereka berkumpul dan meneriakkan pekik "merdeka!!!"Suzuki tua tidak bisa meneriakan pekik itu, suzuki tua hanya bisa berpekik lantang...din diiiiiiin, pekik yang sama ketika suzuki tua disalip pemuda dari kanan yang lalu tiba tiba berbelok ke kiri.

Suzuki tua berharap mendapat tugas yang sama tahun depan walau penumpangnya terus berkurang. Suzuki tua selalu berharap semoga tidak ada kendaraan lain yang lebih bagus yang menawarkan mengantar mereka, karena hari ini hari istimewa buat suzuki tua dan besok suzuki tua kembali mengantar si gembrot keliling kampung

din diiiiiiiin

Desa Sedang Bali 2007
foto by ikeow

Sabtu, Juli 03, 2010

Cermin berjalan

Sabtu pagi cerah, diisi dengan gowes pagi rute sibang ubud sibang menempuh 31.42 km dengan waktu tempuh 2 jam 15 menit dengan kecepatan rata rata 13.8 km saja dengan kecepatan maksimal 39.1 (pasti ini turunan) dengan menghabiskan 327.4 kalori. Diselingi dengan sarapan tipat di lapangan Astina Ubud. Kaki menjulur ke sisi lapangan dan pantat di trotoar, persis di lewati bule bule yang hilir mudik di belakangnya. Mungkin mereka berpikir alangkah tidak higenisnya, yang jelas nikmat. Es kelapa yang kami santap bisa memancing mandor pekerja tenda di tengah lapangan untuk memborong es kelapa untuk para pekerjanya.

Di perjalanan pulang terdengar suara brutal klakson mobil tet tet tet tet tet
tet tet, ya tujuh kali. Padahal jalanan sangat lengang, dan proporsi sepeda
dengan lebar jalan lebih dari cukup. Dari spion kecil terlihat sebuah mobil
taft hitam berban lebar.

Mendekati arah sepeda klakson semakin menjadi, 2 x 7 empat belas, sempat
tidak sempat harus dibalas. Sayapun menyempatkan membalasnya dengan
mengangkat tangan kanan ke depan mempersilakan, seperti patung selamat datang
di rumah makan sambil senyum tentunya, tanpa mengaharap balasan.
Dari arah belakang terlihat plat nomor DK...bernomor cantik, dari arah kaca

gelapnya terlihat siluet dua anak kecil menoleh ke belakang.
Mungkin sedang buru buru, mungkin kebelet, mungkin lagi tes baru ganti
klaskon, mungkin mau jenguk saudaranya yang sakit, dari semua kemungkinan
yang pasti seharusnya dia berangkat lebih pagi.

Cobalah berbagai posisi, coba jadi penyebrang jalan, pesepeda, pejalan kaki, orang tua, anak anak, pengendara motor, pengendara mobil lalu coba belajar bagaimana menyembunyikan klakson. Cara makan diajarkan dari rumah, cara senyum juga, tanpa sadar pengendara tadi mengajarkan cara klakson yang 'benar' pada anaknya 7x2 empat belas

Sambil terus mengayuh menuju jalan pulang, Saya mencoba pindah posisi, roda
sepeda menjadi empat lalu tiba tiba duduk di mobil ber ac dengan musik jedag
jedug . Jangan jangan saya sedang melihat cermin besar yang berjalan, jangan
jangan itu saya dua minggu lalu, jangan jangan itu saya dua minggu lagi. Cermin tidak harus datar dan mengkilat, bisa besar hitam, dan beroda besar, dan bernomor cantik. Terimakasih cermin berjalan.

Sabtu, Agustus 15, 2009

Doa tukang es dan do'a pialang saham di hari jum'at

Jum'at pagi membuka pintu beranda facebook terpampang status seorang teman . begini bunyinya...

..Sepertinya, jika orang sudah tahu trick tentang mudahnya dptkan uang lewat online trading valuta asing ataupun saham. Sepertinya, banyak yang akan malas pergi kerja, malas pergi pagi pulang petang penghasilan pas-pasan, pegel-pegel, pedih-perih, pe...nyok-penyok, peyot-peyot. Sepertinya, hidup lebih enak jd investor di sektor financial dan riil..saatnya uang bekerja untuk kita..! horas bah, tiada beras makan gabah..!
....

Ada beberapa orang menyukai statusnya, Sayangnya saya bukan termasuk yang mengangkat jempol. Orang seperti saya dari pernyataanya termasuk orang yang belum tahu, dan lebih jelas lagi termasuk orang yang pergi pagi pulang petang dengan penghasilan pas-pasan, memprihatinkan bukan? Nah kalau sekarang diberi tahu lalu dan berkesempatan menjadi pedagang valas dan pialang saham apa akan ambil kesempatan itu? Enak toh tinggal duduk di depan monitor liat pergerakan angka dan membiarkan uang bekerja untuk kita?

Tidak terpikirkan dan sama sekali tidak tertarik (bukan belum). Bukan kapasitas saya sebagai seorang bodoh disini untuk memberi label halal atau haram, silakan di googling sendiri akan banyak ditemukan labelisasi dari yang 100 % pro dan 100% kontra. Tapi yang jelas saya akan pilih untuk meninggalkan yang meragukan, buat saya. Silakan yang kebetulan membaca tulisan ambil pendapat yang buat anda lebih cocok.

fatwa ulama tentang jual beli forex
hukum bisnis forex online
forex trading halal or haram
fenomena forex trading halal atau haramkah?

Window facebook saya tutup dan kembali ke rutinitas yang buat saya sangat menyenangkan, bermain dengan autocad & sketchup (dengan motivasi sederhana bermain main dengan desain, walaupun dibilang orang dibayar pas-pasan tapi saya menikmatinya. Waktu sudah menunjukan 11.35 dan harus segera pergi shalat jum'at. Di perjalanan saya masih terpikir tulisan di wall teman saya tadi, kalau semua orang hanya berpikir dengan deret dan angka siapa yang akan memutarkan 'roda betulan'. Raksasa otomotif di negara besar itu saja harus ditolong oleh pemerintahnya sendiri dengan memborong mobil produksinya .

Terlintas sebuah lagu jadul dari Robert Palmer

Ooh, it takes every kind of people
To make what life's about, yeah
Every kind of people
To make the world go 'round

Saya hanya bisa berdoa semoga masih banyak orang yang mau berkeringat, mau pegel-pegel, pedih-pedih, pe...nyok-penyok, peyot-peyot, seperti yang dituliskan teman saya tadi.

Di tanah kosong parkiran motor masjid Nurul Yaqin, Semabaung Gianyar sudah ada beberapa motor di mulut Gang, motor saya menyusur gang hingga di tanah kosong dan memutarnya. Tepat di samping sebuah motor dengan dua kotak besar di kiri kanan bercat hijau tua. dengan plastik berisi cup di belakangnya, ya betul tukang es keliling.

Di samping kotak hijau sisi kanan dan belakang ada sebuah tulisan sederhana bercat putih dan biru. Rizki tiada kukira, kutunggu pesananmu. Mendadak saya tersenyum, tulisan ini mengingatkan saya pada qs At Thalaq 2-3. Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tidada disangka-sangkanya.

Tukang es yang termasuk pergi pagi pulang petang, penghasilan pas-pasan, pegel-pegel, pedih-perih, pe...nyok-penyok, peyot-peyot sudah memberi jawaban atas kegalauan saya di jum'at ini. Semoga semua pegel-pegel, pedih-perih, pe...nyok-penyok kami ini walupun tidak seberapa dan menjadi tertawaan teman saya tadi tidak sia sia dihadapan-Nya.

Sepulang jum'at sempat saya lihat wajah bersih sederhana berkulit gelap memelorotkan sarung bersihnya dan menggantinya dengan celana panjang tepat di samping motor tukang es tadi. Tulisannya bagus pak! Si tukang es spertinya keheranan, kenapa tulisan dengan kuas yang ujungnya tidak rata dibilang bagus. Semoga orang seperti pedagang es ini termasuk orang orang yang diberikan rizki dari pintu yang tidak disangka sangka, bahkan mungkin bukan dari pintu kutunggu pesananmu tadi.










Senin, Agustus 10, 2009

Suit...Trak..Prang


Seorang teman mengeluhkan tentang pekerjaannya yang katanya stressfull dalam sebuah perbincangan di beranda depan. Bukan beranda depan rumah, tapi beranda facebook.

Kalau stress ganti profesi aja, ujarku.
Jadi apa lagi umur sudah thirty something gini katanya.
Jadi tukang kaca aja...
Kenapa tukang kaca? katanya bingung

Beberapa minggu sebelumnya saya memotong kaca di sebuah toko kaca di sekitar jalan Ahmad Yani Utara Denpasar.

Mbak minta dipotong kaca ukuran 40x60 cm ya..lama nggak?
Kalau lama saya pergi dulu nanti diambil lagi?
Nggak lama kok mas bisa ditunggu . Untuk alas sablon ya?

Sayapun mengangguk, sambil berpikir wah hebat juga ya si mbak ini bisa baca pikiran saya, tinggal diberi outfit yang sesuai ditambah sedikit kemapuan retorika sepertinya bisa
ikutan acara THE MASTER. Atau muka saya yang mirip tukang sablon ya? atau
setiap yang potong kaca 40 x 60 untuk alas sablon ya? Yang jelas ketebalannya terlalu
tebal dan besar buat preparat mikroskop & nggak mantul kalo dipake ngaca.

Di depan saya ada sebuah meja kayu besar, kira kira selebar meja bilyard,besar dengan alas karpet hijau, persis seperti karpet masjid Al Muhajirin di Margahayu Raya Bandung sebelum direnovasi di akhir tahun 80-an yang di beberapa bagian sedikit berbulu. Di sekitarnya ada banyak rak rak berisi kaca yang berdebu. Di bawah meja besar ini empat sisinya ditutupi tripleks triplkes bekas.
Sambil menunggu saya sempat membubuhkan beberapa coretan di kaca
yang berdebu yang tersusun di rak rak disekitarnya (sayangnya lupa ditandatangani).

Sedang asyik mencoret coret kaca kotor dengan jari jari.

Nyoman...
Si mbak memanggil jurpot..juru potong kaca.
Setelah membaca ukurannya Pak Nyoman ini langsung mengambil kaca dengan ketebalan yang sesuai lalu meletakannya di meja besar. Menyiapkan pisau potongnya yang bentuknya mirip cutter kenko, tapi mata pisau dan gagangnya kelihatan lebih kokoh. Ada satu penggaris kayu panjang sebuah siku sembilan puluh derajat yang juga terbuat dari kayu.

Suiit...Suara linu dari pisau yang beradu dengan sisi kaca.
Lalu penggaris kayu diletakkan di bagain bawah kaca.
Trak.....Kaca ditekan dengan kedua tangan dari atas sampai sisi nya
terbelah dua. Lalu tiba tiba Pa nyoman ini melempar pecahan kaca ke kolong meja, yang ternyata ada sebuah box besar yang ditutupi triplek tadi..

Prang....suara kaca pecah menggegar. Tidak aneh kalo perang dinamakan perang, mungkin karena perang selalu gaduh ya? Lalu selanjutnya

suit..trak..prang..
suit..trak..prang..

dengan tiga gerakan saja sudah terbentuk kaca ukuran 40 x 60 dengan tiga bantingan kaca yang mengejutkan. Setelah itu dihaluskan dengan batu asahan dan dibungkus dengan kertas coklat lalu diberi rafia. Setalah dibayar lalu dibawa pulang.

Di perjalanan pulang masih terbayang muka Pak Nyooman yang sepertinya melakukannya dengan sangat nikmat.
suit..trak..prang
suit..trak..prang
suit..trak..prang

Bosan dengan pekerjaan sehari hari? Saran saya sih ganti profesi saja jadi tukang kaca & rasakan kenikmatannya
suit..trak..prang
suit..trak..prang
suit..trak..prang

Ada bagian yang dilakukan dengan sangat hati hati supaya posisi potongan
tidak bergeser dan tepat sembilan puluh derajat....suit
Ada bagian yang menyenangkan juga ketika dengan suara trak..kaca terbelah
dua. Yang paling mengasyikkan ketika pecahan kaca dibuang ke kolong
meja..prang. Memecahkan yang biasanya kesalahan, memecahkan yang biasanya
berarti membeli disini justru dirayakan dengan nikmatnya oleh Pak Nyoman.

Kapan terakhir kali menikmati benar pekerjaan anda? Kalau sudah lama tidak menikmatinya, Mungkin sudah waktunya mencoba bekerja menjadi pemotong kaca. Atau sebenarnya hanya ..

suit..trak..prang
..suit...trak..prang..suit..trak..prang..suit..trak..prang..suit..trak.. prang..suit..trak..prang..suit..trak..prang..suit..trak..prang..suit..trak..prang
yang tidak terdengar.

Atau indera kita yang terlalu terbatas untuk mendengarnya?
Atau indera kita yang terlalu terbatas untuk mensyukurinya?







Minggu, April 19, 2009

Yang Terlalu Ternyata..

Yang namanya terlalu ternyata emang nggak bagus...termasuk terlalu semangat. Sekira semingguan lalu saking semangatnya olahraga. Olahraga Yang murah dan bisa dilakukan dengan waktu singkat...skipping modalnya kecil bisa dilakukan di halaman hanya lompat lompat, waktunya singkat, keringetan, ngos ngosan. Skipping juga katanya yang bikin Rudi (pake i atau ya yah?) Hartono juara berkali kali, katanya dia melakukaknya saat terik teriknya matahari...buset dah. Nggak pengen jadi djuara dunia..sih cuman terbukti buat latihan stamina efektif adanya. Kalau karateka terus bergoyang goyang selama satu ronde kumite 3 menit...x3 menit, setidaknya selama sembilan menit tanpa stamina yang kuat energinya sudah cukup terkuras hanya untuk lompat lompat boing boing.

Tanpa peregangan, tanpa pemanasan, langsung lompat lompat satu babak 50 lompatan..hajar terus sampai 4 babak. Badan yang masih kaku ternyata nggak bisa diajak kompromi. Maksud melelehkan lemak dipinggang dengan mendarat yang kurang soft malah bikin sakit pinggang, kayaknya beban badan yang menumpu di pinggang sewaktu mendarat denan posisi kurang jinjit bikin tumbukan yang lumayan.

Hasilnya,...beberapa hari nggak enak bangun tidur jalan jadi agak kaku. Ternyata walaupun cuman lompat lompat skipping termasuk high impact...Sambil mencoba olahraga yang lebih soft coba dvd yoga punya istri...ternyata hihihi...walaupun katanya termasuk gerakannya yang basic banget..tarikan tarikan di otot lumayan juga bikin daging meregang...aggh... Gerakan yang sulit di skip yang sederhana dilanjutkan. Ditambah hari ini coba lagi ada gerakan gerakan ringan di acara yoga bali tv..hasilnya lumayan melelehkan kekakuan pingang. Ntar kalo udah leleh kita olahraga yang lebih lelah 'cardio' lagi tapi pake peregangan dulu & jangan terlalu heboh..mendingan sedikit sedikit tapi rutin.



Minggu, April 12, 2009

sebaris kata


Apa yang bisa dilakukan dengan sebaris kata? Tidak banyak memang.
Rajin update status facebook atau ym? Apa yang biasa dituliskan disana? aktifitas sehari hari? makanan yang baru dimakan? keluh kesah di tengah kemacetan?

Coba hal kecil tidak berguna yang mungkin bermanfaat, mengisi status facebook ym atau lainnya dengan hal sepele yang mungkin berguna, yang mungkin bisa jadi inspirasi buat orang banyak. Bingung? Ya tergantung minat & interest anda kemana. Dimulai dengan menyikapi dengan positif hal terburuk yang dialami saat ini, daripada pasang status : bete macet puanass...mungkin lebih baik :mengisi macet dengan ngisi TTS (atau apalah yang lebih berguna). Daripada pasang status :heran deh ada orang seaneh itu mendingan pasang :memang perlu orang aneh untuk embuat dunia berputar (ini positif nggak ya? sepertinya masih ada nada kebencian terselubung).

Misal anda seorang peduli lingkungan, bisa update sttus facebook anda dengan...:baru buat kompos ; meng-upcycle karet kolor jadi ikat rambut; matikan lampu yang tidak perlu; tv buat ditonton bukan untuk didengar, daripada pasang AC dirumah buka baju aja.
Misal anda penggemar olahraga dan ingin meracuni setidaknya 50 teman anda yang sedang online, bisa pasang status..lompat lompat dikit luruskan pantat jangan duduk terus, sudah olahraga minggu ini? ; lakukan gerakan yang tidak perlu untuk membuang lemak.
Misal anda penggemar buku seri motivasi, bisa banyak sekali yang dilakukan, tidak perlu menjadi seorang Sismaryono Teguh untuk memotivasi orang lain, minimal untuk sendiri. baru baru ini seorang teman memasang status : setiap orang punya kelebihan, cuman mungkin kita
tidak sadar
. Penggemar buku religi? ada yang menarik untuk disharing, pasang saja di status, tak peduli apa sumbernya kalu bisa bermanfaat untuk orang banyak kenapa tidak. Bisa juga diilhamid engan peristiwa sehari hari seperti ; nikmat sehat baru terasa saat sakit

Jadi selain status lucu lucuan yang menundang komentar jahil, mungkin sebaris kata yang datar di tuliskan bisa berarti banyak buat teman kita. Siapa tahu bisa mencegah teman kita yang depresi untuk menjedotkan jidatnya ke monitor.