Jumat, Juni 08, 2007

Udeng & Peci

Nggak kerasa udah Jum'at lagi ya... Asiknya hari Jum'at berarti dah mau weekend lagi, berarti juga kerjaan yang numpuk seminggu ini waktunya di print biar boss bisa check pas weekend (hihihi kasian juga ya jadi boss). Pertanda juga agak pulang telat menyelesaikan sisa sisa kerjaan yang sedikit sedikit tapi banyak. Berarti juga hari yang pendek karena kepotong Jum'atan di tengah tengah. Nah ada sedikit cerita tentang Jum'atan di pulau Bali


Sebelum menjejakan kaki di Bali, yang pertama saya googling masjid mana yang terdekat dengan tempat kerja saya di sekitar Ubud, Bali hasil penelusuaran via googling nihil, ternyata memang tidak ada masjid di Ubud. Muslim di bali yang cukup banyak di daerah Singaraja, Bedugul, Kelungkung, yang ini penduduk bali asli. Dan tentunya Denpasar dan seputaran Kuta, dimana orang sudah campur baur bukan sajadari Indonesia tapi dunia.

Wah repot dong kalo Jum'atan padahal Shalat Jum'at wajib. Bahasa kasarnya di Bandung preman & pemabuk aja malu kalo ngga Jum'atan. Sewaktu kerja di Bahrain sebelum ke Bali, saat shalat Jum'at masih banyak orang berkeliaran di jalan. Aneh kan? Itu karena mayoritas penduduk Bahrain muslim syiah, mereka biasa shalat dhuhur biasa 4 rakaat di hari Jum'at dan tentunya di masjid syiah. Seorang rekan yang hendak shalat Jum'at terkejut karena ternyata shalatnya 4 rakaat.

Kembali ke Bali, Masjid terdekat yang saya temukan dari kantor saya posisnya di Gianyar. Kalau bicara dengan lokasi objek wisata, Lokasi kantor saya tidak jauh dari posisi start point SOBEK rafting di sungai ayung dan lokasi masjid terdekat ada diantara Goa Gajah dengan pusat Kota Gianyar, tepatnya di Semabaung Gianyar. Selain disini ada juga Masjid Di Ginyar di lokasi kompleks militer berada. Jadi kalau ada diantara pembaca yang sedang main ke Ubud Bali,masjid terdekat sekitar setengah jam dari Ubud, atau empat puluh lima menitan dengan bermotor 40-60 km/jam dari tempat kerjasaya di Payangan. Walaupun perjalanannnya agak jauh asik juga, karena bisa break lebih lama dan saya masih bisa mengerti khutbah Jum'atnya dibanding sewaktu di Bahrain yang berbahasa Arab & saya tidak(belum) mengerti bahasanya.

Yang unik lagi, saat mau pergi shalat Jum'at peci bisa berubah jadi sakti. Polisi di Bali tidak akan menilang orang yang berpeci saat akan pergi Jum'atan walaupun tak berhelem, asal berpeci, malah kadang asal beselendang sajadah atau asal bersarung. Banyak loh yang bersarung naik motor, kebayang kan.Sekarang bayangkan lagi ada juga yang naik Honda Tiger atau suzuki Thunder dan bersarung. Kebayang kan? Ya kalo ngga di 'singsatin' (apa ya padanan katanya di bahasa Indonesia) sekedar diselepangin ala unyil dan bercelana pendek. Ini juga tidak ditilang, asal ngga terobos lampu merah. Saya pernah melihat polisi menilang seorang Bapak berhelem full face disimpan di jidat, dan saat bersamaan orang berpeci yang hendak shalat Jum'at berlalu begitu saja.

Waktu ditanyakan pada seorang teman yang asli Bali jawabannya lucu juga, ya disini kan banyak agama jadi saling menghargai.(di Jakarta pun banyak agama, tapi berpeci tanpa helem melintas di Jalan Raya kena tilang, hehehe). Jadi begini katanya, kalo dipadankan, saat ada upacara agama Hindu, para pria biasa memakai udeng (sejenis ikat kepala khas Bali) dan wanita bersanggul. Nah ini agak repot katanya kalo harus pakai helm...ooo begitu ternyata nah hal seperti itu diterapkan untuk umat beragama lain juga, termasuk saat mau berangkat shalat Jum'at. Jadi teringat cerita teman si Singapura orang sikh India yang berturban pun bebas dari kewajiban berhelm.

Saya sendiri lebih memilih tetap berhelem dengan alasan keamanan.



2 komentar:

imgar mengatakan...

eh, tapi bener juga sih..
di dkt kantorku ada preman bertatoo. sering jadi calo angkot dll. kadang matanya merah kaya mabok.

tapi pas jumatan ada di mesjid. pake baju koko, pake sarung dan rambut yang walo pun gondrong tapi disisir rapi..

hihihi..

prabhamwulung mengatakan...

gimana kalo elu pake peci trus ditumpuk pake helm... jadi aman dunia akhirat tuh...