Selasa, September 25, 2007

Waduh lebarannya beda lagi..


Hampir bisa dipastikan Idul Fitri 1428 H, Oktober 2007 tahun ini akan ada khilafiyah/perbedaan lagi. Setelah tadi malam Muhammadiyah mengumumkan idul Fitri 1428 Jatuh pada 12 Oktober 2007.


Muhammadiyah memutuskan atas kriteria wujudul hilal,
Dengan hisab/perhitungan wujudul hilal Indonesia bagian timur saat senja posisi bulan masih dibawah ufuk, sementara Indosia barat sudah masuk (walaupun belum terlihat bulan). Persis seperti kejadian tahun kemarin 2006, 1427 H.

Sementara Nahdatul Ulama akan memutuskan setelah menunggu sidang itsbat pada 29 ramadhan atau 11 Oktober, Jika tidak terlihat bulan maka akan digenapkan menjadi 30 hari, yaitu 13 Oktober 2007.

Apakah akan terlihat bulan di Indonesia bagian barat?

http://moonsighting.com/1428shw.html

The Astronomical New Moon is on Thursday, October 11, 2007 at 5:00 GMT (i.e., 1:00 am EDT, or October 10, 10:00 pm PDT). It will not be visible on October 11 anywhere in the world, except Southern tip of South America and Polynesian Islands in the South Pacific. On October 12, it will be visible in New Zealand Australia, Indonesia, South Asia, Africa and Africas. In North America on October 12, it can be seen with some difficulty. Look at the visibilty curve below. So, Eidul-Fitr should be Saturday, October 13, Insha-Allah.


Sementara itu di icoproject.org



According to the Universal Hejric Calendar (UHC), which is based on the calculated crescent visibility, the start of this month in the Eastern Region will be on Saturday 13 October 2007, and in the Western Region will be on Friday 12 October 2007.

Kalau memperhatikan kedua gambar tersebut, tampak jelas bahwa kriteria wujudul hilal yang digunakan Muhammadiyah adalah tepat saat terjadi konjungsi sebelum magrib di daerah berarsir Merah dan putih. Metode hisab (tanpa melihat bulan terlihat atau tidak) ini juga digunakan di Libya.

dari kedua situs tersebut (icoproject.org & moonsighting.com) Seluruh wilayah Indonesia Barat, pada 11 Oktober tidak akan melihat bulan, Begitu juga seluruh wilayah timur tengah. Bulan juga tidak akan terlihat di wilayah Afrika (dengan alat bantu sekalipun), dan dapat dilihat dengan alat bantu di sebagian Amerika Selatan, atau dengan mata mata telanjang di Ujung Selatan Amerika. .


Perbedaan waktu Indonesia Barat, Jakarta,Bangkok,Hanoi(GMT +7) dan Amerika Selatan , Buoneos Aries(GMT-3) sekitar 10 jam. Berarti kalau dihitung sejak magrib, sekitar pertengahan malam akan ada sms sudah terlihat Bulan di kota Punta Arenas Chile atau Argentina Selatan pada setidaknya sebelum pukul 04 atau 05 pagi WIB.

Bagaimana dengan Saudi? Yang biasanya keputusannya diamini negara lainnya. Kalau Saudi mendasarkan keputusannya berdasarkan pengamatan bulan (di sekitar timur tengah saja) bisa dipastikan Saudi akan beridul fitri pada 13 Oktober. Namun jika ada kesaksian melihat bulan di sputar Saudi (yang menurut icoproject.org) tidak mungkin, Saudi akan beridul fitri pada 12 Oktober. Atau Saudi akan berlebaran 12 Oktober jika mengunakan kriteria wujudul hilal.

Kecuali Jika Saudi menyertakan pengamatan dari Negara-negara Amerika Selatan, Saudi akan berlebaran pad tanggal 12 Oktober 2007. Saudi (GMT +3) berbeda waktu sekitar 6 jam dengan daerah Amerika Selatan (GMT -3) dimana kemungkinan bulan akan terlihat. Jadi sekitar pertengahan malam akan ada sms ke Saudi sudah terlihat Bulan di Punta Arenas, Chile. Bedanya dengan tahun lalu Saudi mendasarkan keputusan 1 syawal atas dasar pembulatan 30 hari ramadahan. Menurut M. Ma'rufin Sudibyo dari Jogya Asroclub yang juga anggota icoproject, Saudi tidak menunjukan kekonsistenan menggunakan kriteria yang mana.



Waduh..jadi pusing yah...
bisa dipastikan akan ada dua idul fitri pada tahun ini. Jadi mo lebaran kapan?
1 syawal pastinya. Kebenaran hanya milik Allah, kesalahan ada pada google (waduh si pandir nyalahin google lagih..)

baca juga tulisannya pakarnya, Pak Marufin Sudibyo disini





2 komentar:

lei mengatakan...

wah..ko ga bisa sama yaah?? sedihnya.. well drpada sedih..mo liat iPod tea kan? skrinsyutnya dah ada tuh

imgar mengatakan...

aku ikutan pemerintah aja.. :D