Minggu, September 09, 2007

Menghapus Sambel botol dari daftar belanja


foto:ikaku

Setelah sekian lama jadi pemakai sambal botol akhirnya mencoba membulatkan tekad untuk menghapus sambal botol dari daftar belanja. Apa pasal? Tak ada pasal serius hanya mencoba sedikit lebih sehat.Dan sambel botol bertajuk super pedas, extra pedas yang membuat si uda penjual dalam tayangan iklannya kepedesan pun tidak cukup pedas di lidahku ini.

Sambel botol biasanya berbahan pengawet Natrium benzoat dan natrium metabisulfit, beberapa merek tertentu mencantumkan pewarna dan MSG,merek lainnya tidak mencantumkan dua bahan tersebut enth karena memang tidak menggunakan dua bahan ini atau tidak mengaku menggunakan pewarna dan msg. Bahan bahan tersebut bukan barang terlarang dalam industri makanan dan aman dikonsumsi namun dari keseluruhan sambel botol yang beredar di pasaran tidak satupun yang mencantumkan berapa banyak kadar bahan yang dicantumkan disana.

Jadi apa gantinya dong? Cengek atau cabe rawit seger. Keungulan yang lebih jelas dari cengek atau cabe rawit seger adalah tidak merusak rasa. Coba masukan sambel botol merek tertentu dalam jumlah banyak kedalam semangkuk soup.Rasa soup akan menjadi sangat dominan dengan rasa keasaman dari sambel botol tadi,karena campuran tomat? cuka? msg?atau pengawet?Yang jelas rasa dari sambel botol tadi mengalahkan kaldu soup.

Sekarang masukan cabe rawit tergerus dalam jumlah banyak ke soup, soup jadi super pahang dan 'nyegak' (dalam bahasa sunda) seperti dua jari dicolokan kelubang hidung lalu diangkat keatas. Tapi rasa dari kuah soup tidak berubah.Ayam goreng dengan nasi dan dua batang cengek pedas terasa lebih nikmat dari ayam goreng berlumuran sambal botol, Rasa ayam tidak berubah dan rasa super pedas pasti dapet.

Alasan repot bikin sambel?dan sambel botol lebih praktis? masa sih?
Cabe rawit/cengek segar sudah dikemas oleh alam dengan sempurna dengan kemasan glossy dan aneka warna alami yang menarik, bertangkai kecil. Tingal pegang ujung tangkainya gigit deh. Tanpa perlu repot repot 'ngulek/ngarendos' mencampur dengan terasi, garam, tomat, dan berbagai rempah lainnya. Beberapa cengek segar sudah cukup untuk membuat kulit kepala gatal karena keluarnya keringat dari kulit kepala.

Cabe rawit juga memiliki seabrek khasiat, mulai dari obat antibiotik, rematik, antifrosbite, melancarkan peredaran darah, menambah nafsu makan (yang ini jelas terbukti), peluruh kentut (yang ini terbukti banget),menurunkan kolestrol, dan..banyak lagi..baca aja deh tulisannya Dr. Setiawan Dalimartha disini , atau di tropilab. Tapi tetep konsumsinya musti dikontrol karena rasa pedas cabe rawit berasal dari iritasi, konsumsi yang berlebihan bisa menganggu keseimbangan gas di lambung (gastroenteritis) dan merusak ginjal.

Selamat tinggal sambel botol.






4 komentar:

ndew mengatakan...

Atau bisa juga bikin sendiri sambel kesukaan dalam jumlah banyak, disimpan di toples kaca bekas selai biasanya, atau di botol bekas sambal botol, simpan di freezer kalau mau tahan lebih lama.

Daku punya simpanan sambal balado, sambal hijau, dan sambal terasi di freezer. Mau?
:D

lei mengatakan...

pak, itu di poto cengeknya dimakan sama apa sih? ko kaya roti manis? hihihi...

ikeow mengatakan...

jangan banyak2 ah makan cengeknya, ntar kentutnya luruh semua...sekarang aja udah................*titiktitik*

@lady: itu tahu bacem say...kok roti manis sih? hihihi

imgar mengatakan...

untung gak suka pedes..
jadi gak begitu harus niat cari sambal.
:D