Selasa, September 19, 2006

Mengecilkan file pdf


Perlu kirim cv lamaran dengan content image yang lumayan banyak tapi hanya boleh kirim kurang dari 1mb, 500 kb? atau malah cuman 300 kb? atau kirim file presentasi bergambar lumayan banyak...? tapi ukurannya kegedean & ngga memungkinkan buat diimel? waktunya meninggalkan MS. Power Point...boros!!! Dan beralih ke Adobe Acrobat Profesional (bukan acrobat reader!!!)


Begini contohnya, rangkaian presentasi di bawah ini terdiri dari 16 halaman ukuran A3, 16 halaman gabungan dari 16 file jpg resolusi 200 dpi. besar ukuran file 25 Mb. File ini untuk keperluan presentasi cetak & dan on screen presentation. Ketika kita perlu mengirimkannya via e-mail hanya untuk on-secreen presentation tentu tidak perlu 25 mb ini yang kita kirim. Jadi yang perlu digaris bawahi untuk keperluan apa dokumen yang akan kita kirim.

Klik menu advanced, klik pdf optimizer seperti gambar disamping ini. Di contoh ini saya ganti option bicubic downsampling jadi 120 for images above 120 dpi dengan kompresi adcrobat versi 6.0 hasilnya jadi menciut hingga 3 mb saja.

Masih perlu lebih kecil lagi saya coba ganti bicubic downsamplingnya jadi 72 dpi for images above 72 dpi untuk, hasilnya 1.15 mb untuk 16 halaman full color.

Masih cukup bagus untuk presentasi di layar, tapi ngga disarankan buat keperluan print ulang.

Bicubic downsampling image ini hanya berlaku untu mengecilkan kompresi file dengan content image yang banyak, unutk gambar vektor seperti gambar Cad, teks tidak terlalu berpengaruh.pada beberapa kasus gambar cad dengan garis yang banyak, disarankan utnuk me-flatten gambar vektor tersebut jadi image (jika hanya sekedar untuk presentasi)gitu deeh, selamat mencoba...

gara gara urusan sepele ini semoga ngga ada lagi telpon masuk di hari libur dari kantor..Pri kecilin pdfnya gimana..gede baget nih ngga bisa dikirim...hihihihi.
All you have to do is pencet aja f1 udah ada sebenernya disana semuanya..

m'pri

5 komentar:

ikeow mengatakan...

gitu deh boss...
kalo ga dapet visa trus butuh kirim attachment pdf yang besarnya 30MB silakan liat aja cara-caranya disini...atau pencet aja tombol F1..itu loh, tombol di keyboard sebelah kiri paling atas sebelahan banget sama tombol ESC.

jadi ga perlu deh telpon-telpon kita jam 11 malem..your staffs are also human...duh!

bjoetejo mengatakan...

mantap postingnya gan. simple tp useful :) kamsiah-kamsiah

Anonim mengatakan...

siipp pak. nice inpoh na...thx.

agus_stya mengatakan...

thankyu boss,, mantaps

Toko Obat Herbal mengatakan...

waduw crack2an dunk :(