Jumat, Juli 20, 2007

Kemana? Ketapang


Sudah lama saya terkagum kagum dengan pohon yang satu ini, namanya pohon Ketapang atau Katapang. Teringat legenda suburnya indonesia tanam tongkat tumbuh tanaman, melihat batangnya yang seperti tongkat menghujam tegak ke tanah.Teringat juga akan nama sebuah jalan kecil di bilangan jalan Burangrang-Kosambi Bandung, yang dulu terkenal dengan Katapang CD-salah satu pusat CD bajakan terupdate di bandung. Juga nama pelabuhan tentunya.Nama sebah Kota juga di Kalimantan. Wah banyak juga ya memori tentang ketapang. Nama latinnya lumayan keren Terminalia Cattapa L., atau biasa juga disebut tropical Almond, Java Almond, Malabar Almond, Wild Almond. Tersebar didaerah tropis dari India termasuk Indonesia. Pohon Ini bisa dibilang sebagai pohon ajaib yang sudah semestinya ditanam si Entong, andai saja si Entong tahu ini pohon ajaib


Perjumpaan pertama kali saya dengan pohon ajaib ini di pantai Sanur sewaktu saya kelas 3 SD ikut rombongan PT PROPELAT liburan ke Bali. Bentuknya yang seperti payung dan warna daunnya yang kemerahan tidak mudah saya lupakan. Di ingatan saya pohon ini terekam satu paket bersama orang selonjor dan pasir pantai. Dan pohon yang sama masih tumbuh dengan kokohnya 20 tahun kemudian saat saya kembali untuk bekerja di Bali.
Penempatan pohon Ketapang yang sangat remarkable di kepala saya sewaktu berkunjung ke Galeri Sunaryo rancangan Pa Bas & kolaborasinya dengan Pa Naryo. Sewaktu di lantai dua tajuk daun ketapang yang sangat rapat begitu unik, dan begitu turun kebawah tajuk daun ini membentuk ekspresi seperti ceiling/langit langit yang teduh.

Karena tajuknya yang lebar pohon ajaib ini sering digunakan untuk peneduh di parkiran. Dengan jaraknya yang jarang pun masih sanggup meneduhi karena tajuknya yang lebar itu. Yang buat saya sangat impresif adalah warna daunnya yang berubah dari hijau kuning hingga merah benar sebelum akhirnya jatuh. Tidak banyak tanaman tropis yang daunnya mengalami perubahan warna begitu sensasional. Pohon ini sangat direkomendasikan untuk peneduh jalan karena daunnya pun dengan mudah bisa dipungut kala jatuh.

Pohon ajaib?
Berlebihankah? apakah seperi di cerita si entong dan eneng? Ini memang pohon ajaib. Di taiwan biji pohon ketapang yang rasanya mirip almond ini digunakan untuk obat herbal untuk pengobatan penyakit hati.Daun ketapang juga disinyalir mempunyai zat antikarsiogenik. Selain itu juga berkhasiat sebagai anticlastogenic (seperti antioksidan dalam mencegah proses pecahnya kromosom). Orang india sejak lama menggunakan biji pohon ketapang ini untuk mengobati ejakulasi dini, waaaa hebat ya.
Daun ini juga sering digunakan oleh peternak ikan hias dalam pembiakan ikan, karena mempunyai khasiat sebagai antibakteri. Masih ada lagi? masih...Teh dari daun ketapang juga berkhasiat sebagai obat kolestrol, diabetes, dan hipertensi. Wah bener bener pohon ajaib ini.

Kalau anda arsitek atau landscape arsitek atau sekedar pemilik halaman kecil yang kepanasan, jangan lupa ajak ajak pohon Ketapang untuk meneduhinya. Kalau butuh pohon Ketapang yang sudah transparan dengan alpha channel siap untuk diphotoshop bisa kunjungi galeri texture maps turbosquid saya . Format PNG, Terminalia Catapa with alpha channel,ukuran filenya 3mb-an. Fotonya diambil di parkiran depan hardrock cafe kuta Bali

lihat juga terminalia catappa di tropilab.com.






1 komentar:

imgar mengatakan...

tapi kadang suka banyak ulet-nya juga ya..?

btw, katapang kosambi pusat CD..? jaman kapan..? aku koq gak tau.. :D