Kamis, April 19, 2007

Mengoptialkan camera clip di 3D studio Max/Viz

Selama ini jarang sekali saya pake camera clip di 3D Studio MAx,kalau ada objek yang menghalangi di depan kamera saya lebih pilih untuk menggeser posisi kamera ke tempat yang aman. Ya memang aslinya seperti itu. Ternyata baru nemu kemaren kemaren kalo camera clip bisa dipake untuk buat potongan perspeftif 3 dimensi, bisa juga potongan planar. Sebenernya fugsinya jadi mirip dengan xclip di Autocad.

ini contohnya..tanpa camera clip view ini ngga mungkin ada pada kondisi nyata, terlalu wide.




Bedanya kalau di Autocad xclip bisa dipakai untuk bikin potongan perspektif dari objek 3d berupa xref atau yang sudah di blok, di 3D Studio max dengan cara memainkan kamera/

View aslinya kalo dipaksakan dengan kamera yang sangat wide pun..akan rusak..keliahatan distorsi & janggal

ini dah pake lensa wide 17 mm...hancur..distorsi




nah ini ah pake camera clip...
dibuat lebar pake lensa 24 mm mundur..kebelakang dengan menghilangkan objek objek di depannya...kalau frontal otomatis akan seperti potongan perspektif...Caranya masuk aja ke modifier camera...mainkan near clip & far clipnya. Disiin saya hanya mainkan near clip aja, far clipnya diisi angka yang gede banget.



ternyata dah dikasih lebar pun instruksi dari bos masih mau lebih lebar lagi,
kebayang kan?

Kalo mau buat potongan yang frontal...tinggal aktifin aja ortogonal projectionnya. Nah dengan camera clip buat potongan di 3D studio max jadi gampang...Nah ini contohnya camera clip dipake buat bikin potongan, jadi kita tinggal konsentarsi modeling sama tinggal simpen lighting di beberapa ruangan yang kepotong. Disini saya hanya pake vray light planar untuk ruangan ruangan yang terlalu gelap. udahnya di sotopop seperlunya.

Jangan lupa biar hemat waktu renderngnya aktifin juga cropping sewaktu mau render.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

pak ini pake 3d max? gmana caranya jadi item puti doang tanpa render?

ismail mengatakan...

trima kasih pak atas ilmu yang diberikan semoga dapat bermanfaat bagi yg membacanya..terutama saya...salam knal ya pak...