Minggu, April 08, 2007

Awas virus pembengkak tagihan internet

Beberapa hari ini saya dibuat pusing sama pembengkakan koneksi internet saya...
Saya langganan paket mega data dari XL dengan modem pcmcia globe trotter yang saya beli jga di gerai XL Sinyal 3G XL saya tangkap mengap mengap, antara 0 % sd 12 % (maksimal), sementara koneksi dengan GPRS sebenernya sangat stabil dengan sinyal miniman 68% keatas...anehnya koneksi 3g dan gprs ternyata tidak berbanding lurus yah. Tapi walaupun mengap mengap koneksi dengan 3g ini dirasakan lebih cepat kalau dilihat dari statistik bawaan modem OPTION 3G Globe Trotter.

Bukan ini yang bikin pusing sebenernya, Customer service XL di sunset road, Bali sudah mengatakan dari jauh hari sebelum saya daftar paket megadata XL ini masih banyak komplain dengan XL 3G ini, waaah kok jujur ya, takut dikomplain ya mbak?

Berdasarkan perhitungan yang berdasarkan traffic data XL menghtungnya sebesar 40 rupiah per KB. Jadi anggap saja RP 400/mb. Nah...dari data koneksi saya dari OPTION Globe Trotter mobility monager (bawaan modem)beberapa hari terahir ini ada beberapa kejanggalan..


Type : 3G UMTS (kalo sinyal lagi bagus saya pilih setingan 3G only, kalo ngga akan otomatis ke setingan GPRS)
Name : XL internet (ini sekedar nama setingan buat koneksi internet via Globe Trotter saya)
Date : 06/04/2007 19:09:51
Duration : 01:41:45
Transmitted : 41,6 Mb
Sent:34,8 mb
received :6,9mb
avg rate out : 47,8 kb/s
avg rate in : 9,4kb/s
Best rate in : 138 kb/s
Besr rate out : 163 kb/s (best rate in & rate out masih jauh di bawah dari kecepatan mentok modem saya yang 384kb/s...ayo XL tambah lagi BTS 3Gnya. Menurut bli Customer service XL ngga semua bts XL dah 3G di Bali, sementara masih sekitar denpasar, jadi buat saya yang berada di denpasar pinggir cuman kebagian sisanya 0-12 %, waduh.

Ada yang aneh lainnya...?
Ada 41,6 Mb transmitted dari mana?
Aktifitas yang saya lakukan selama 41,6 mb hanyalah membuka yahoo mail, coroflot.com, tanpa mengirim attachment sampai berpuluh puluh Mb...
Kalau diamati dari Connection detail...lebih aneh lagi..setiap hitungan menit ada penambahan data signifikan 100 kb, jadi penambahan data terasa begitu cepat...
ada yang salah...?
Berarti dalam durasi kurang dari dua jam saya harus membayar 41,6 mb x 400 rupiah, berarti 16.640 rupiah, mahal? murah? mahal...berarti hampir sama dengan koneksi dengan telkomnet instan kalo saya anggap per jam 9000rupiah. Wah kok jadi sama aja ya...sementara berinternet dengan XL ini saya pilih daripada telkomnet instan atau provider lain yang 'time base' supaya bisa lebih tenang buat blogging, googling, membaca tanpa harus berdisko'nek.

coba tep 818 XL, yang menjawab hanya mesin penjawab...tekan 1 untuk informasi tagihan...tidak tersedia...informasi tagihan berjalan tidak tersedia...ketik bill ke 9767 lewat sms...tidak tersedia..padahal siklus setiap tanggal 4 sudah lewat (apakah sistem terkomputerisasi bisa libur juga? longweekend kali yah...)

sekarang coba bersihin semua malware dengan Ad-aware,...hasilnya ada 30 critical objek...setelah di clean dan quarantaine berkali kali dengan safe mode..saya coba lagi koneksi internet saya dengan XL.

wagh....masih kembali terjaid penambahan data signifikan padahal lagi lagi saya hanya buka yahoomail,ada apa gerangan ini...

Kembali ke laptop, dengan safemode, saya cek lagi dengan Norman antivirus, antivirus lama yang berhasil membersihkan rontokbro dari komputerku dulu. Waduh ...ternyata dah expire..biarlah tetep dicoba..scan...yang memakan waktu berjam-jam, sempet bersihin rumput liar di halaman & piggir got.

ternyata di folder C:\Program Files\MyWebSearch\bar\1.bin menempelnya virus virus di file *.DLL yang teridentfikasi oleh Norman yang udah expired ini sebnagnya w32,malware, trojan dan sejenisnya....setelah coba di quarantine dan clean...

coba lagi konek dengan XL...selama 2 jam koneksi transmited 2,3mb , received 7,1 mb.Nah ini baru masuk akal....

Jadi jika anda berinternet berdasarkan jumlah data yang di transmit (bahasa apa ini hehe)sebaiknya hati hati.Dan mengecek apabila ada kejanggalan pembengkakan koneksi internet anda. Speedy punya sistem billing yang bisa diakses realtime, XL yang saya pakai punya 818 yang bisa tanya tagihan berjalan sampai hari kemarin..(yang ternyata bisa juga liburan dan system komputernya bilang data tidak tersedia). Itu semua tidak cukup, apabila ada kesalaan sistem anda hanya akan tahu di akir bulan, dan cukup menyedihkan..membayar tagihan yang membengkak.

jadi selalu monitor traffic data in out anda dengan realtime...banyak software yang bisa didownload gratis, yang saya pakai kebetulan bawaan modem dari OPTION Globe Trotter Mobility Manager. disini kita bisa melihat kejanggalan apabila ada malware atau virus membengkakan traffic data kita. Kebanyakan software ini juga akan merekam waktu koneksi yang cukup akurat akan sangat berguna buat alibi kita jika terdapat kesalahan di pihak operator/provider internet saat penagihan berlangsung.

Hal lainnya yang penting juga, Kebannyakan pengguna speedy, Paket megadata XL,Gigadata, Indosat 3G, star one, dan provider lain yang menghitung tagihannya berdasarkan data yang di transmit, para penggunanya bersurfing dengan nyaman...membuka situs berbandwith besar...video streaming, music streaming, tanpa sadar berapa besar yang harus dibayar.

Tapi yang lebih menjengkelkan bila kita tidak melakukan aktifitas surfing, streaming video dll, masih bengkak gara gara si virus sialan ini.

sudah bersihkan komputer anda???

1 komentar:

arul mengatakan...

sesama XL :)