Rabu, Februari 14, 2007

Jepret semua yang terlihat

3d tips, foto tips, photoshop tips,

Baca2 di milis beberapa hari terakhir banyak yang nanya les 3D Max yang bagus dan murah dimana ya? Sebenernya ngga perlu les kalo punya sedikit waktu dan banyak keinginan untuk terus belajar. Ini ada sekedar tips ringan

Jepret semua yang terlihat, mungkin suatu hari nanti berguna, mungkin juga tidak berguna, mungkin sampah, mungkin sampah juga bisa berguna, selagi CF di kamera digitalmu masih cukup bernafas jepret aja semuanya. Foto ini saya jepret 3 tahun lalu ,di Bahrain National Museum, lokasi replika rumah tradisinal Bahrain.

Orang arab, india, pakistan nyebutknya ternyata bukan pohon korma, tapi Kajur (mengingatkan pada Ketua jurusan...hmmm). Pohon yang kuat haus, tapi kadang ngga kuat angin, jadi kalo musim angin keneng suka pada diiket semua keatas biar ngga pada tumbang ketiup angin. DI seluruh penjuru negara GCC, pohon korma ini banyak fitanam buat penghijauan kota, tapi ngga semudah menanam pohon di Indonesia. Sbelum ditanam harus dipasang pipa 2 kecil untuk pengairan yang menyala dengan debit kecil. menjaga agar pasir tetap basah.



Ini image yang gw kerjain di kantor di Bali 3 taun kemudian (sekarang) proyek di marrakech , Berguna juga si pohon korma ini.



ini juga



caranya? baca aja selengkapnya


Sebaiknya dikerjakan di waktu luang..
double clik layer foto asli di PS supaya image ini editable..trus mulai deh buang bagian 2 yang ngga perlu bisa dengan color selection, tapi kalo mau puas banget manual aja dengan line selection..

Nah kalo udah siap save as PSD, atau TGA, atau TIFF, atau png atau format apapun yang bisa nyimpen alpha chanel...

Di tempat lainnya..saat image 3d udah siap untuk ditanami pohon...
Oh iya dulu saya suka pake pohon 3d beneran, pake palm dari onyx tree, atau rpc, tapi sejak boss ku ngga ngerti yang namanya 3d rendering dan suka pengen geser geser posisi pohon ..untuk still image sotopop aja..

Jangan lupa dengan arah bayangan yang udah dirender di image 3d yang kita buat...Jadsilah penipu yang baik atau jangan pernah menipu sama seklai, ntar hasil tipuan kita digugat, dan jadilah kita tersangka penipuan gagal.

Udah deh..
gitu aja..jadi jepret aja sebanyak mungkin objek yang kita temui di manapun barangkali aja suatu hari berguna. Kalau ada mbak mbak cakep, nenek tua, atau apapun jepret aja kali aja sewaktu2 kita butuh. Atau benci dengan seseorang? jepret aja juga biar bisa kita rusak proporsi badannya di image yang mo kita buat...hehehe jahat ya.

m'pri




3 komentar:

komink mengatakan...

Nah ini yg berguna... tips yang menarik buat yg bingung nyari2 texture atau library poon..

nice post.. :)

Muty mengatakan...

:-) kita juga sejak lama pake trik ini..mungkin kapan2 kita bisa tukeran library...

Wujudkan Rumah Impian Anda mengatakan...

"Jadsilah penipu yang baik atau jangan pernah menipu sama seklai, ntar hasil tipuan kita digugat, dan jadilah kita tersangka penipuan gagal"

Wujudkan Rumah Impian
Kujungi---> http://www.konsultan-arsitektur.com