Rabu, Januari 03, 2007

Travel Bandung Cengkareng

Bandung-Cengkareng

Berangkat dari Bandung ke Jakarta lewat darat lalu dari dilanjutjkan CGK-DPS memang jadi pilihan yang murah. Sampai hari ini penerbangan dari Bandung ke berbagai kota di Indoensia masih terbatas, dan hanya tersedia satu jenis maskapai penerbangan, Merpati yang tiketnya tidak terlalu murah. Selamat tinggal merpati...



Biasanya saya pilih kendaraan travel dari Bandung ke Cengkareng dengan Buahbatu travel, karena mereka yang paling sering pasang iklan mini di Pikiran Rakyat. Dengan 135 ribu, dijemput dari rumah masing masing kita bisa sampai airport tanpa repot. Bandingkan dengan rute ini
-Dari rumah naik angkot ke Stasiun Bandung (Rp 6ribu) trus ke Gambir lalu Rp(70 ribu) lalu Cengkareng (10-15 ribu?)
-Dari rumah naik angkot ke Leuwi Panjang (6ribu) trus Kampung Rambutan (30ribu?) kemudian Cengkareng (10-15 ribu?)
Dengan repotnya naik turun bawa tas gede, notebook di punggung, untuk alasan keamanan dan kenyamanan capek deh..

Pertama kali naik travel ini cukup salut juga, walaupun saat itu hanya 1 penumpang saya sendirian mereka berangkat juga, salut.Travel ini pun melayani jasa penjemputan dari Cengkareng ke Bandung, dengan operator yang sigap di lapangan dengan HPnya. Tertarik dengan Buahbatu transport ini lihat saja iklan mini hari ini di HU Pikiran Rakyat, hari ini nomer telponnya lengkap disana, untuk yang di Bandara maupun di Bandung, atau langsung berhubungan dengan operator lapangan dengan HPnya, tarifnya tetap sama 135 ribu sampai rumah masing-masing di Bandung. Saya masih belum kecewa dan dikecewakan dengan Buahbatu transport ini, semoga terus begitu. apalagai saat harus landing di CGK saat tengah malam, asal kita book dulu sebelum flight mereka siap antar walaupun tengah malem di bandara. Nah belakanga ini ada alternatif lain yang lebih murah.

MODA AIRPORT BUS
BSM-SOETTA,
No Tiket : 12285
....

Begitu tulisan di selembar tiket yang di print dengan printer dot matrix pada selembar tiket. Siapakah soetta? soetardjiono?

Bus Primajasa jurusan BSM-BSH, Sempat melihat bus ini mondar mandir dikota Bandung beberapa waktu lalun namun baru kemarin saya berkesempatan mencobanya(Bandung Supermall-Bandara Sukarno hatta) Entah kenapa bukan di tiket tertulis BSM-SOETTA, BSM-BSH lebiih menarik kedengeranya ada rimanya, terdengar seperti Bandara Supermall & Bandung Sukarno Hatta...halah..) Kenapa ngga BSM-CGK aja ya sekalian atau BDG-CGK. Penulisan CGK saya pikir lebih pas, mengingat kode ini dipakai untuk kode penerbangan di seluruh Indonesia, juga penerbangan internasional ke indonesia/Bandara Sukarno Hatta=CGK. Komentar yang ngga penting sebernnya...tapi kan..

Jempol untuk label bagasi,
Selain ada loket tiket ada ruang tunggu buat calon penumpang di BSM + tempat nyimpen tas buat diangkut ke bagasi sebelum boarding (ke bus). Tas buat di bagasi pun langsung dilabeli A, maksudnya terminal 1A tempat penerbangan domestik. Cerdas, mengingat si bus akan hingap dalam waktu yang singkat sekali di terminal keberangkatan, sebelum diusir mobil patroli Bandara dengan TOAnya. Petugas berbatik dari primajasa pun dengan sigap akan membantu menaikan dan menurunkan bagasi kita.

Bus Jurusan Bandung Cengkareng ini berangkat setiap jam dari Bandung ke Jkt berangkat on time (banget) sampe ngga sempet foto buat ditemplok di blog ini. Dari jam 02 pagi sampi jam 15.00 sore, atau dari cengkareng dari 08.00 hingga 21.00 setiap satu jam sekali, di lapangan ada juga keberangkatan 10.30 atau di waktu padat lainnya sepertinya lebih padat jadwalnya. Untuk reservasi kita musti call sehari sebelumnya, kalaupun mau go show biasanya masih banyak tempat available tiketnya murah 60 ribu saja dengan kapasitas 36 penumpang. Sambil nunggu berangkat bisa jalan-jalan dulu di BSM, Busnya masih bagus-bagus, AC, terawat ada WC dalem tapi ngga ada tvnya, seingat saya, pernah naik bus yang sama jurusan Leuwi Panjang-Kampung Rambutan pake tv deh (sekira tahun 2002-an) mayan kan dapet 1 dvd tuh diperjalanan (konsumen emang banyak maunya yah). Yang unik sebelum berangkat ada kernet yang mimpin do'a bersama sebelum berangkat (mengingatkan saya pada pramugari yang selalu memperagakan cara menggunakan alat-alat keselamatan tapi tidak pernah sama sekali mengingatkan untuk berdo'a). Satu jempol lagi deh buat primajasa.

Untuk yang masih penasaran dengan jadwal keberangkatannya Primajasa silakan kontak di 022-9101611 atau 022-9101622 untuk Bandung, atau 021-68758792 atau 021-68758793, atau 021-55915555 atau 021-55915678, nah komplit kan...

Updated 10 Oktober 2007:
Kalo sampe di cengkareng jam 1,2 malem pake apa? atau kalaupun siang tapi ngga mau repot repot dan langsung diantar ke rumah. Ini no telepon Buahbatu Travel, langsung aja kontak ke 022-70664200, 022-7230987, atau kontak di Jakarta 021-55796310, 021-70420387. Atau kalau sampe kemaleman banget sampe di cengkareng dan bingung mau ke Bandung pake apa, bisa langsung telpon Pak Jhony di 0856218172586 bilang aja temenya si m'pri, pasti nanti dia bilang haa...?sapa juga itu. Atau tinggal cari aja pria berpakaian safari ala paspamres dengan ame tag Jhony Buahbatu travel. Kata Pak Jhony ini sampe jam tiga masih kita tunggu...kalo ada temennya di pesawat kiri kanannya gitu yang mau ke Bandung kasih tau juga aja sekalian katanya. Mungkin kalo didiskon buy 4 get 1 good deal hehehe.

Oh yah review ini tidak disponsori oleh Buahbatu Travel maupun Primajasa, Nggak ada topi atau kaos untuk tulisan ini yang saya dapet. Semoga membantu, tag travel Bandung Cengkareng, Cengkareng-Bandung ini termasuk yang paling banyak dicari di blog ini.

Ada alternatif lebih murah lagi sebenernya daripada Bus ini...
nebeng, cari tebengan, minta dijemput Pacar, Kakak, Sodara, Orangtua, masih jadi alternatif paling murah. :D. Kedepannya mungkin bakal lebih semarak lagi masih ada rencana atas diatas kertas untuk Jalur kereta api Cengareng Bandung.



12 komentar:

lei mengatakan...

mpri :D wah wah..gw ketik "primajasa kontak" di google dan akhirnya nyantol dsini. makasi bgt! *tepuk tangan*

Anonim mengatakan...

Keyen... Tq banget... ;)

yoga mengatakan...

thanks a lot!

wedfighter mengatakan...

thanks alot bro..
sangat membantu saya info prima jasanya

Anonim mengatakan...

info aja: bis primajasa ada di terminal 1B di dekat A&W.

smartilicious mengatakan...

lagi butuh info travel jkt-bdg n sebaliknya. untung nyangkut di blog ini, pas bgt dah. thx bgt :)

arif mengatakan...

makasih banyak ya. Biar umur postingnya udah tua, tapi masih tetap bermanfaat :)

priyatnadp mengatakan...

kalo no telponnya nggak bisa dihubungi...silakan telpon 021-108, atau 022-108 untuk tanya no telpon primajasa yang masih berlaku

'de Oeboed mengatakan...

wow... informasinya sangat membantu pak. Saya bisa merencanakan perjalanan saya ke Bandung dengan cepat dan tepat.

kalo ada waktu, tulis juga donk, tempat menginap murah meriah. Pasti makin informatif... hehehe

banyak maunya nih saya...

sekali lagi, thanks banget pak...

Thomas mengatakan...

hmmh,, travel yang pernah dicoba itu kanggaroo, cititrans, x-trans, n cipaganti. dari semua itu yang paling berkesan pas naik cititrans (opini pribadi) soalnya susunan kursinya beda dengan travel umumnya,, tapi klo deri segi jumlah pool masih sepertinya masih kalah sama x-trans atau cipaganti y. Sebenarnya masih banyak lagi travel lainnya, sepertinya bisnis travel ini masih cerah ya,,, beberapa daftar travel bisa di lihat di sini jika perlu

Anonim mengatakan...

maaf mas, ikut baca blognya..
sy kbtulan mau plg ke bandung..
lg cari alternatif yg plg mnguntungkan..
maaf mau tanya, kalau sy skrg sdg ada di luar negeri, seandainya mau pesan buah batu travel, atau bus primajasa, sebaiknya caranya bgaimana ya mas?
bisa lgsg ktika kita sampai d bandara, atau via keluarga yg ada d indonesia?
terimakasih byk sblumnya...

ARIF mengatakan...

betul..betull...betull...but ad satu lg kmrn sy dah coba and sangat memuaskan namanya Travel 9 armadanya pke Honda Freed, harga & service nya sama..hmm..kali aja kawan2 mau mencoba info lengkapnya http://traveltrans9.blogspot.com or http://facebook.com/travel9 (selamat mencoba all...)