Selasa, November 07, 2006

why


Why? Kenapa?
Sebuah Buku lucu karya Lila Prap

Dapet versi sadurannya, soft cover seharga 15 ribu. Aslinya sepertinya dijilid dengan lebih baik dengan harga lebih mahal tentunya. Seperti biasa kalau mau mudik biasanya repot cari oleh-oleh buat dibawa ke Bandung buat Salma & Kahfi ponakanku.


Sampulnya sederhana sekali & lucu gambar zebra dengan tulisan besar why? Bikin saya penasaran buat buka isinya. Ilustrasinyabagus bagus, sepertinya dengan pastel diatas kertas bertekstur, gaya naïf yang digarap dengan serius. Saya ngga keberatan kalau ilustrasi buku ini terpampang sebagai dekorasi di rmah karena memang bagus. Ngga standar.

Isi buku ini sederhana sekali, sebuah ilustrasi hewan sebuah pertanyaan, dan beberapa jawaban berbeda. Kenapa zebra belang belang?
-zebra kabur dari penjara
-zebra bingung memeilih mau hitam atau putih
-Karena zebra memakai piyama
Ditambah satu jawaban ilmiah zebra berwarna hitam putih untuk mengelabui lawanya.

Jawaban yang mana yang benar? Tidak ada jawaban yang salah disini, bahkan mungkin seorang bocah bisa memberikan jawaban unpredictable yang lebih lucu dari buku ini. Buku ini agak berbeda dari buku anak anak kebanyakan yang kadang terlalalu tekstual…hijau daun terjadi karena daun mengandung klorofil, jawaban yang terlalu berat buat bocah. Jawaban-jawaban sederhana yang ‘terserah yang asal’ memicu kreatifitas, melatih berpendapat, dan berbeda.

Doyan browsing?googling? doyan baca wikipedia? Sip, jangan terlalu srius…jangan lupa untuk olah sisi kreatif otak kita, Lila prap hanya memberikan satu jawaban serius, dan 4 jawaban santai untuk sebuah ilustrasinya.



2 komentar:

ikeow mengatakan...

mau dooong dibeliin bukunyaa..aku kan anak2 terjebak di umur 25 taun hehehe

priyatnadp mengatakan...

nanti kita beli lagi yah, pantes buat dikoleksi.