Sabtu, Juli 28, 2007

Iklan Cacat Bank Mandiri

Secara visual perfect tapi kalo di perhatikan lebih jauh ada kecacatan yang lumayan parah di iklan bank mandiri versi tv ini. Oh iya kalau lagi sibuk atau ngga punya waktu banyak sebaiknya ngga baca postingan ini, hehehe.

Pentingkah mengomentari iklan sebuah bank komersial seperti iklan bank mandiri ini? mungkin tidak terlalu penting ya, dan sepertinya kurang kerjaan. Ya gapapalah daripada sekedar mengumpat ngumpat didepan tv, sekedar masukan dari seorang nasabah yang tabunngannya tak bertambah dan komentar ringan buat production house pembuat iklan untuk lebih pintar lagi dalam membuat iklan dan pentingnya riset sebelum membuat iklan. Iklan yang anda buat akan ditonton oleh ratusan juta penduduk Indonesia di seluruh jaringan televisi teresterial di Indonesia. Termasuk figur para profesional di bidangnya masing masing, yang ternyata tidak terwakili.

Adegan pertama cukup membuat saya kaget, Seorang penyelam berjalan di deburan ombak pantai lengkap dengan tabung oksigen di punggung. Membawa kantong pelastik berisi sesuatu. Adegan selanjutnya adalah si penyelam membuka pelastiknya dan melihat terumbu karang yan dibawanya dengan tampang terpesona. Tidak ada yang aneh bukan?



Ya sepertinya memang biasa saja, Hanya ada beberapa kejanggalan penting di mata saya yang memang bukan penyelam tapi penonton tv yang mencoba kritis (baca:bawel, cerewet, nyitnyit). Teringat obrolan sdengan Pak Cipto di SoupChat Bali tentang kerusakan terumbu karang di Indonesia. Pak Cipto ini seorang Master Diver (konin yang pertama, di Indonesia) yang juga instruktur selam dan sekaligus tim ahli untuk acara ekspedisi dimetro TV.Salah satu point pentingnya adalah tidak dibenarkan bagi penyelam untuk merusak atau membawa sesuatu apapun dari dalam laut terutama terumbu karang yang seharusnya dilindungi.Jika figur seorang di iklan ini adalah scientist, tentunya dia tidak akan membuka terumbu karang hidup diudara terbuka, atau kalaupun terumbu karang mati yang dibawanya kenapa juga musti dibawa dengan kantong berair. Jika pun ini untuk kepentingan yang riset, ini adalah kampanye yang buruk untuk pengrusakan lingkungan indonesia. Seolah pembenaran untuk membawa terumbu karang hidup ke pemukaan.

Oh iya di acara ngobrol bareng Pak Cipto ini saya sempat melontarkan satu pertanyaan, apakah mungkin terumbu karang ditumbuhkan diluar lingkunngannya, seperti aquarum buatan atau sejenisnya. Ternyata jawabannya sangat mengagetkan, Tidak mungkin, karena parameter di lingkunngan tumbuhnya di alam sangatlah kompleks ada suhu, cahaya, kadar garam air, arus laut, musim, pasang surut. Kalaupun mau mendekati aslinya peralatannya akan sangatlah mahal untuk mensimulasi kondisi laut sebenarya. Biasanya terumbu karang di aquarium laut rumahan hanya akan bertahan 3 sampai 6 bulan. Setelah itu mati, dan diisi dengan yang baru. Bayangkan kerusakan yang terjadi. jadi sebaiknya pikir 3.5 kali sebelum membawa suasana laut ke rumah. Bukan urusanku? Konsekunsi terdekatnya adalah berkurangnya jumlah tangkapan ikan secara signifikan karena berkurangnya terumbu karang.Rantai proses yang panjang, sebab akibat yang tak terpikirkan yang mau tak mau tak bisa bilang bukan urusanku.

Saya melihat iklan ini sepadan dengan seorang figur kekar menebang pohon dengan gergaji mesinnya, lalu dengan tampang puas disorot kamera dengan peluh mengalir sambil menyeka keringat sewaktu pohonnya sudah tumbang. Padanan yang sepertinya berlebihan dan pasti akan banyak yang protes melihat iklan bank sperti ini.

Masih tentang penyelam, biasanya penyelam tidak bergerak dari pantai. Dengan tabung oksigen di punggung dan sepatu katak akan sangat merepotkan untuk penyelam memulai start dari bibir pantai. Start dari bibir pantai biasanya dilakukan orang yang akan snorkling, dengan sepatu katak pun cukup merepotkan saat berjalan di pantai. Yang paling asyik adalah dengan boat, ke lokasi penyelaman. Dan adegan akhirpun berakir di permukaan lalu naik ke boat, bukan berjalan di pinggir pantai. Mungkin director atau storyboard artist iklan ini musti lebih sering lagi nonton National Geographic, dan mulai menghitung ada berapa adegan penelitian yang berakhir di bibir pantai dengan baju selam komplit dan kerepotan berjalan dengan sepatu kataknya, nihil. Mungkin dijumpai adegan seperti ini dalam acara lomba triatlon atau surfing.

Adegan selanjutnya, seorang scientist dengan tabung reaksi mencampur dua zat. Beberapa zat kimia memang bisa bereaksi dengan cepat tanpa harus dikocok. Yang agak janggal adalah adegan mengoyang goyang tabung reaksi dengan tangan. Setahu saya kalo mengintip ke arah Lab Teknik Lingkungan biasanya mereka menyimpan tabung reaksi dengan alat pemutar sentrifugal untuk periode tertentu. Saya sendiri tidak terlalu paham, namun sepertinya iklan ini akan jauh lebih menarik dengan setingan banyak tabung reaksi dengan alat sentrifugal yang berputar serempak sperti penari latar diacara dangdutan. Atau kalaupun dengan tangan ada perubahan warna dalam reaksi yang terjadi, tidak perlu riset terlalu kompleks cukup tanya pada orang dibidangnya.

Adegan seniman melukis. Tampang puas setelah goresanya selesai, Agak jarang saya lihat dari beberapa pelukis yang saya kenal dalam proses karyanya. Biasanya tampang serius, ataupun rileks denan baju yang mungkin kena noda cat. Adegan ini lebih menekankan result, bukan proses. Hal sepele yang kalau dihubungkan dengan filosofi perusahaan bisa berdampak gawat. Yang jelas undian berhadiah dari banyak bank telah banyak menarik nasabah, 'result'nya ok kok.

Adegan orang orang bertopi proyek mengatur jalan saat hujan deras. Sibuk dengan Handy Talky. Adegan terakhir ini juga agak aneh. Adegan ditutup saat seorang rekannya mengacungkan jempolnya pada rekan lainnya. Kalau seorang masih bisa melihat jempol dengan jelas tentunya masih bisa bicara jelas ataupun teriak, aplagi suara Handy Talky saat hujan deras tidak akan terlalu jelas, banyak noise. Alat alat seperti TOA (kalo ngga basah keujanan)disini lebih membantu. Oh ya tentang outfit...Pekerja proyek biasanya dilengkapi dengan syarat syarat kelengkapan tertentu...helm proyek sudah dipakai..Ponco! sepertinya tidak standar, tidak cukup melidungi, lampu tabung yang banyak dgunakan tukang parkir, pecalang saat ada upacara adatdi bali, atau poisi lalu lintas tidak diubawa, dan yang lebih penting lagi perlu ada strip glow in the dark yang sangat mencolok seperti outfit PJR saat bertugas terasuk pada ponco yang digunakannya. yang ini memang tidak separah adegan terumbu karang tadi sih.

Sunguh blogposting yang tidak penting...ngehe kamu m'pri, sempet sempetnya tulis beginian :), tapi kan terumbu karang itu #%$#%$*&




Jumat, Juli 27, 2007

12 reasons to buy crocs

Seteah ngubek ngubek outlet crocs seluruh bali akhirnya dapet juga sepatu crocs yang aku pengen. Crocs offroad yang warnanya item, ya harus item bukan orange ataupun merah.Bukan kombinasi item dan strap merah. Dan ukurannya juga musti pas. Setelah ngubek ngubek mulai dari Discovery mall, Outlet crocs depan hardrock Bali, Seluruh jaringan PADI diving, jaringan apotek century, ternyata nihil.Dapetnya di Ace Hardware Kuta Bali, harganya agak kurang ajar dibanding harga yang tercantum di website resminya. Sayangnya website crocs indonesia kok ngga melayani penjualan online ya, kemana nih adminnya, spertinya ngga aktif & ngga diupdate, harga yang tercantum pun ngaco, dua kali kontak CS via emailnya nggak ada jawaban juga (padahal kan standar ISO, CS harus jawab 2 x24 jam, walaupun skedar bilang nanti saya jawab. Kadung suka dengan modelnya, gelap mata dan lupakan harga, desain memang harus dibeli.

Sebelum beralih ke crocs offroad warna item ini ke kantor yang emang casual selalu bersendal gunung eiger, yang udah di lem dua kali, setelah hampir dua tahun dipake. Kenapa pilih si offroad ini? Ada dua belas alasan (baca: pembenaran)



1. Pertama karena modelnya, dibanding crocs yang lain ngga terlalu fancy seperti mikimos ,lebih garang & kokoh.
2.Ngga usah pake kaos kaki, Kerjaan di kantor yang nggak menuntut bersepatu mengkilat, dan berkaus kaki bersih, socks sucks lha wong bossnya aja pake sendal jepit & celanapendek masa anak buah pake sepatu mengkilat ya ngga sopan.
3.Bisa bernafas!!! Teringat rongga rongga di ujung jempol kaki karena lembab basah di balik sepatu warior smp yang musti seragam.
4. Ngga ada belakangnya, Jadi gampang dibuka tutup.
5.Tapi ngga gampang lepas juga soalnya ada strap belakangnya seperti sendal gunung. 6. Ngga aneh & tetep casual kalo dipake pake celana pendek.
7. Dari depan bisa keliatan serius kalo pake celana panjang.
8. Ringan dipake walaupun harganya tidaklah ringan
9. Enak dipake maen ke Pantai di Bali yang banyak pantai ini.
10. Ngga ribet kalo mau sholat.
11. Enak dipake naek motor ngga takut becek
12. Gampang dibersihin ngga perlu disemir

Ada lagi nggak ya...segitu dulu aja deh, masih ada lagi crocs yang pengen kubeli crocs profesional navy blue atau item, buat yang sedikit lebih serius. Cuman harganya jangan sampe jauh lebih mahal daripada di official websitenya dong, ini kan negara berkembang (bukan negara bersepatu).

Rabu, Juli 25, 2007

Sayembara Capital Garden



Sayembara desain mahasiswa & lulusan tahun 2005,2006,2007, Landscape atau Arsitektur. Sitenya unik & menarik & menantang di tengah jantung kota Abu Dhabi Uni Emirates Arab.
Buat yang suka ide ide gila tumpahin aja disini, hadiahnya lumayan. Daftarnya nggak bayar, & nggak usah pake ongkos kirim tinggal upload aja. Info komplitnya lihat disini





Jumat, Juli 20, 2007

Kemana? Ketapang


Sudah lama saya terkagum kagum dengan pohon yang satu ini, namanya pohon Ketapang atau Katapang. Teringat legenda suburnya indonesia tanam tongkat tumbuh tanaman, melihat batangnya yang seperti tongkat menghujam tegak ke tanah.Teringat juga akan nama sebuah jalan kecil di bilangan jalan Burangrang-Kosambi Bandung, yang dulu terkenal dengan Katapang CD-salah satu pusat CD bajakan terupdate di bandung. Juga nama pelabuhan tentunya.Nama sebah Kota juga di Kalimantan. Wah banyak juga ya memori tentang ketapang. Nama latinnya lumayan keren Terminalia Cattapa L., atau biasa juga disebut tropical Almond, Java Almond, Malabar Almond, Wild Almond. Tersebar didaerah tropis dari India termasuk Indonesia. Pohon Ini bisa dibilang sebagai pohon ajaib yang sudah semestinya ditanam si Entong, andai saja si Entong tahu ini pohon ajaib


Perjumpaan pertama kali saya dengan pohon ajaib ini di pantai Sanur sewaktu saya kelas 3 SD ikut rombongan PT PROPELAT liburan ke Bali. Bentuknya yang seperti payung dan warna daunnya yang kemerahan tidak mudah saya lupakan. Di ingatan saya pohon ini terekam satu paket bersama orang selonjor dan pasir pantai. Dan pohon yang sama masih tumbuh dengan kokohnya 20 tahun kemudian saat saya kembali untuk bekerja di Bali.
Penempatan pohon Ketapang yang sangat remarkable di kepala saya sewaktu berkunjung ke Galeri Sunaryo rancangan Pa Bas & kolaborasinya dengan Pa Naryo. Sewaktu di lantai dua tajuk daun ketapang yang sangat rapat begitu unik, dan begitu turun kebawah tajuk daun ini membentuk ekspresi seperti ceiling/langit langit yang teduh.

Karena tajuknya yang lebar pohon ajaib ini sering digunakan untuk peneduh di parkiran. Dengan jaraknya yang jarang pun masih sanggup meneduhi karena tajuknya yang lebar itu. Yang buat saya sangat impresif adalah warna daunnya yang berubah dari hijau kuning hingga merah benar sebelum akhirnya jatuh. Tidak banyak tanaman tropis yang daunnya mengalami perubahan warna begitu sensasional. Pohon ini sangat direkomendasikan untuk peneduh jalan karena daunnya pun dengan mudah bisa dipungut kala jatuh.

Pohon ajaib?
Berlebihankah? apakah seperi di cerita si entong dan eneng? Ini memang pohon ajaib. Di taiwan biji pohon ketapang yang rasanya mirip almond ini digunakan untuk obat herbal untuk pengobatan penyakit hati.Daun ketapang juga disinyalir mempunyai zat antikarsiogenik. Selain itu juga berkhasiat sebagai anticlastogenic (seperti antioksidan dalam mencegah proses pecahnya kromosom). Orang india sejak lama menggunakan biji pohon ketapang ini untuk mengobati ejakulasi dini, waaaa hebat ya.
Daun ini juga sering digunakan oleh peternak ikan hias dalam pembiakan ikan, karena mempunyai khasiat sebagai antibakteri. Masih ada lagi? masih...Teh dari daun ketapang juga berkhasiat sebagai obat kolestrol, diabetes, dan hipertensi. Wah bener bener pohon ajaib ini.

Kalau anda arsitek atau landscape arsitek atau sekedar pemilik halaman kecil yang kepanasan, jangan lupa ajak ajak pohon Ketapang untuk meneduhinya. Kalau butuh pohon Ketapang yang sudah transparan dengan alpha channel siap untuk diphotoshop bisa kunjungi galeri texture maps turbosquid saya . Format PNG, Terminalia Catapa with alpha channel,ukuran filenya 3mb-an. Fotonya diambil di parkiran depan hardrock cafe kuta Bali

lihat juga terminalia catappa di tropilab.com.